Title: Segala Perasaan
Penyanyi: Dato Siti Nurhaliza
Album: Simetri Siti
Publisher: Universal
Country: Malaysia
Year: 2017

My Job Description: Song Writing, Music Arrangement, Recording Session Musician (Guitar, Piano, and Keyboard), Audio Editor

 

Latar Belakang Lagu

Lagu ini merupakan sebuah kehormatan tersendiri bagi saya karena Dato Siti Nurhaliza melakukan proses seleksi atas 300 (tiga ratus) buah lagu dari berbagai penulis lagu untuk dipilih 10 (sepuluh) lagu terbaik saja yang masuk kedalam album Simetri  Siti. Dan alhamdulillaah 2 (dua) buah lagu saya masuk kedalam daftar 10 lagu tersebut. Dan tidak hanya itu, lagu “Segala Perasaan” merupakan single pertama yang diluncurkan oleh Dato Siti Nurhaliza serta menduduki peringkat pertama dalam chart iTunes di beberapa negara.

Proses penulisan lagu ini sangat unik. Saya sebetulnya menulis 4 (empat) buah lagu yang memang dibuat khusus untuk Dato Siti Nurhaliza, yaitu:

  1. Kisah Kuinginkan
  2. Takdir Untukku
  3. Segala Perasaan
  4. Rindu Ini

Secara urutan, “Rindu ini” adalah lagu ketiga yang ditulis. Pada saat menulis “Rindu Ini”, saya beristirahat sejenak dengan tetap sambil memegang gitar. Kemudian, sambil iseng saya bersenandung mengikuti chord yang saat itu spontan dimainkan oleh tangan ini secara iseng. Kemudian karena tanggung, saya lengkapi saja menjadi sebuah lagu yang utuh. Dan lahirlah “Segala Perasaan”. Setelah itu saya save, kemudian saya lanjut menyelesaikan “Rindu Ini”. Yang kemudian ternyata “Rindu Ini” tidak sempat sampai ke team Dato Siti Nurhaliza. Dan ternyata “Segala Perasaan” yang menjadi pilihan Dato Siti Nurhaliza. Itulah keajaiban sebuah lagu, kita tidak pernah tahu lagu mana yang mengandung power.

 

Proses Pembuatan

Proses pembuatan lagu ini juga cukup luar biasa bagi saya karena melibatkan begitu banyak pihak. Pembuatan musik dilakukan di studio saya di Bandung. Kemudian data tersebut dikirim ke Yogyakarta untuk ditulis arransemen string section-nya. Kemudian setelah selesai data dikirim ke Bulgaria untuk direkam orkestranya secara live oleh kurang lebih 40 (empat puluh) orchestra player. Setelah itu data dikirim kembali ke Bandung untuk audio editing, lantas dikirim ke Jakarta untuk proses Mixing. Setelah selesai data dikirim ke Malaysia untuk kemudian diforward ke Amerika untuk proses Mastering. Setelah selesai, data master dikirim ke Malaysia untuk distribution. Hasilnya adalah apa yang Anda dengar di Album Simetri Siti.

 

Tema Lagu

Membuat lagu pop yang easy listening memiliki tantangan tersendiri. Bagaimana caranya menuangkan ide lagu dalam notasi-notasi yang mudah dicerna masyarakat, lantas membalutnya dengan musikalitas yang tetap sesuai dengan tema lagu tersebut. Yang pertama kali dipikirkan tentu saja isi lagu, dimana cinta menjadi tema yang mainstream dalam industri ini.

“Segala Perasaan” adalah merupakan hal yang pasti terjadi kepada setiap manusia di belahan bumi manapun. Dan terkadang, kita tidak sadar sedang mengalami Segala Perasaan tersebut. Begitu besarnya kekuatan dari sebuah rasa cinta, hingga mampu meluluhkan ego dari sang manusia itu sendiri. Dan semua itu tentunya adalah merupakan keajaiban dengan berbagai macam cerita keindahannya masing-masing.


“Segala Perasaan”

Song Lyric

 

— Verse —

Ketika cinta
Telah bersarang
Taklukkan dua manusia
Untuk hanyut dalam rasa

Dan rindu datang
Setiap saat
Seolah tak mengizinkan
Sedetik untuk berpisah

— Chorus —

Dan kini aku di sini
Merasakan segala keindahan dirimu
Menutup mata atas semua kelemahanmu
Ku melihatmu sempurna tak terungkap kata

Hilanglah kenangan luka
Tergantikan cerita yang berkisahkan cinta
Dan memberi harapan untuk kita berdua
Saling menjaga dan setia untuk selamanya

— Bridge —

Tak sanggup aku
Melawan rasa Segala perasaan
Memangku jatuh cinta

Dan ini hanyalah untuk dirimu
Persembahan untukmu
Dirimu kekasihku

— Chorus —

Dan kini aku di sini
Merasakan segala keindahan dirimu
Menutup mata atas semua kelemahanmu
Ku melihatmu sempurna tak terungkap kata

Hilanglah kenangan luka
Tergantikan cerita yang berkisahkan cinta
Dan memberi harapan untuk kita berdua
Saling menjaga dan setia untuk selamanya

Dan kini aku di sini
Merasakan segala perasaan cintaku
Didalam pengabdian seumur hidupku
Saling menjaga dan setia
Saling menjaga dan setia
Selamanya